Ringkasan Tentang Islam

logo

Picture from: aboutislam.net

 

1. Al-Qur’an adalah kitab yang  sempurna dan akan menjadi petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa. Dari mana tahu?

Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,

Al-Baqarah [2]: 2

2. Al-Qur’an memiliki “segel” yang tidak akan dapat ditiru oleh siapa pun makhluk yang ada di dunia. Dari mana tahu?

Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.

Al-Baqarah [2]: 23

3. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam merupakan sosok yang layak dan pantas dijadikan sebagai panutan dan idola bagi seluruh manusia. Hal ini juga langsung diverifikasi dan divalidkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala langsung. Dari mana tahu?

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

Al-Ahzab [33]: 21

4. Satu-satunya agama yang dirahmati, diridhai, dan acceptable di sisi Allah Subhanahu Wa Ta’ala hanyalah Islam. Dari mana tahu?

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Al-Ma’idah [5]: 3

5. Tidak ada satu manusia pun di muka bumi yang memiliki kemuliaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan manusia lainnya. Apakah dia tinggi, rendah, hitam, putih, mancung, pesek, laki-laki, perempuan, besar, kecil, di mata Allah Subhanahu Wa Ta’ala adalah sama. Yang membedakan hanyalah tingkat ketakwaan kita kepada Allah. Dari mana tahu?

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Al-Hujurat[49]: 13

6. Tujuan penciptaan manusia adalah beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dari mana tahu?

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Adz-Dzariyat[51]: 56

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *