Makna Sunnah

Assalaamu’alaikum Warrahmatullaahi Wabarakaatuh….

Kali ini kita akan sedikit membahas tentang apa sih Sunnah itu? Terus, Sunnah itu maknanya apa aja? Oke langsung saja kita ke penjelasan mengenai makna dan penjelasan Sunnah.

 

  1. Sunnah bermakna segala sesuatu yang datang dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Apakah itu perkataan, atau perbuatan yang dicontohkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Baik yang berisi larangan, perintah, dan yang dibolehkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
  2. Makna yang kedua, Sunnah berarti hadits shahih atau otentik yang berasal dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Pada makna yang kedua ini, segala hadits shahih atau otentik yang datangnya dari Nabi Shallallahu ‘Aialihi Wasallam dikatakan sebagai Sunnah. Pada makna ini kita mungkin sering mendengarkan kalimat seperti ini, “Kembalilah kepada Al-Qur’an dan Sunnah, agar hidup kita menjadi terarah.” Sunnah pada kalimat tersebut bermaka kepada hadits shahih atau otentik yang berasal dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
  3. Sunnah pada makna ketiga berarti hukum yang derajatnya di bawah hukum wajib. Sunnah di sini akan melekat kepada sesuatu hal yang apabila dikerjakan berpahala, tetapi jika tidak dikerjakan tidak berdosa. Contohnya adalah melaksanakan Shalat Tahajjud adalah Sunnah, berpuasa hari Senin dan Kamis adalah Sunnah. Contoh amalan-amalan tersebut hukumnya adalah Sunnah karena jika dikerjakan berpahala, namun jika tidak dikerjakan tidak berdosa.
  4. Makna yang keempat dari istilah Sunnah adalah cara atau teori dimana orang lain belum pernah menggunakan atau menemukan cara tersebut. Misalnya, seorang pemuda bernama Fulan baru saja tamat dari studi perguruan tinggi. Kemudian dia kembali ke kampung halamannya. Di kampung halamannya, ada sebuah masjid yang belum pernah ada kegiatan menghafalkan Al-Qur’an di sana. Maka Fulan berinisiatif untuk mengadakan kegiatan menghafalkan Al-Qur’an dengan mendatangkan guru, atau Fulan sendiri yang menjadi pengajar. Dengan demikian kegiatan menghafalkan Al-Qur’an yang digagas oleh Fulan dapat dikatakan sebagai ide si Fulan, pelopor si Fulan, atau Sunnah si Fulan.

 

Penjelasan di atas adalah beberapa makna dari kata Sunnah yang sering kita dengar sehari-hari. Semoga dengan kita lebih mengetahui tentang Sunnah, dapat membawa kita lebih dekat dengan Allah Subhanahu Wa Ta’aala dan Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan senantiasa mengamalkan segala perintah dan menjauhi segala larangan yang telah digariskan dalam Al-Qur’an dan Sunnah.

Wassalaamu’alaikum Warrahmatullaahi Wabarakaatuh….

 

Sumber:

Jawaban dari Ustadz Maududi Abdullah, Lc dari seorang yang menanyakan tentang Sunnah yang disiarkan oleh Rodja TV pada tanggal 14 Dzulhijjah 1438 H atau 5 September 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *